Tabel Ringkasan Jurumiyah

Berikut ini tabel-tabel ringkasan kitab Jurumiyah yang dibuat oleh penulis. Jurumiyah merupakan kitab Nahwu bagi pemula yang berisi kaidah-kaidah dasar ilmu bahasa Arab. Kitab ini sangat masyhur di kalangan pesantren dan diajarkan khususnya bagi santri yang baru mulai belajar ilmu Nahwu. Dasar ilmu Nahwu yang disebutkan dalam Kitab Jurumiyah merupakan hal mendasar yang perlu dikuasai oleh orang yang belajar Islam. Sebagaimana diketahui bahwa sumber Agama Islam adalah Alquran dan Hadis yang keduanya berbahasa Arab. Jadi orang yang belajar Islam harus menguasai bahasa Arab, dan orang yang belajar Bahasa Arab harus mengetahui dasar-dasarnya yang itu disebutkan dalam Kitab Jurumiyah. Ibarat Ilmu dasar Matematika yang berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian; Kitab Jurumiyah juga demikian; memuat dasar-dasar ilmu Nahwu untuk memahami Bahasa Arab.

Kitab Jurumiyah tersebut telah penulis terjemahkan dan penulis sederhanakan dalam bentuk tabel supaya mudah untuk dipahami. Semoga bisa memberikan manfaat.

Berikut bisa dilihat dan didownload pada link: Tabel Ringkasan Jurumiyah

Penulis juga menerjemahkan Kitab Jurumiyah kemudian membuat nadzom Jawa untuk terjemah tersebut supaya mudah dipahami dan dihafalkan, kemudian menambahkan tabel-tabel untuk melengkapinya. Nadzom Jawa tersebut menggunakan Bahar (irama) persis seperti Imrithi atau Alfiyah.

Buku Nadzom Jawa tersebut dapat dilihat dan didownload di: Nadzom Jawa Terjemah Jurumiyah

Dikirimkan di file

12 tanggapan untuk “Tabel Ringkasan Jurumiyah

Tinggalkan komentar