Sikap Pemuda Qurani

Alquran menaruh perhatian khusus pada pemuda. Alquran beberapa kali menyebut pemuda sebagai unsur masyarakat yang memiliki peran sangat penting. Alquran menyebut pemuda dengan kata fatan dan kata2 lain sebagai turunannya. Alquran menyebutnya dalam berbagai kisah, yaitu: kisah Nabi Yusuf dan istri pejabat (Surat Yusuf), kisah Nabi Yusuf dan tahanan kerajaan (Surat Yusuf), kisah Ashabul Kahfi (Surat al-Kahfi), kisah Nabi Musa dan Khidir (Surat al-Kahfi), kisah Nabi Ibrahim dan Raja Namrud (Surat al-Anbiya).

Kisah-kisah tersebut menceritakan pemuda dalam berbagai keadaan dan kesulitan yang dihadapinya. Dari kisah-kisah tersebut dapat diambil banyak pelajaran yang bermanfaat untuk para pemuda. Berikut di antaranya:

  1. Berprinsip, yakin dan teguh pendirian
    Ini sebagaimana ashabul kahfi yang teguh beriman meski berbeda dengan masyarakatnya. Akhirnya ditolong dan diselamatkan oleh Allah.
  2. Rasa penasaran yang positif
    Ini sebagaimana Nabi Ibrahim muda yang ingin tahu bagaimana Allah menghidupkan orang mati untuk menambah keimanan beliau.
  3. Berpikir solutif
    Ini sebagaimana Nabi Ibrahim muda yang berpikir tentang Tuhan, apakah itu bintang, bulan ataukah matahari. Akhirnya diberi petunjuk oleh Allah bahwa itu semua tidak benar.
  4. Disiplin dan etos kerja tinggi
    Ini sebagaimana pemuda yang melayani Nabi Musa ketika mencari Nabi Khidir. Ia taat pada perintah-perintah Nabi Musa. Sebagaimana juga dua tahanan yang menemani Nabi Yusuf di penjara; yang satu disiplin dan yg satu tidak. Akhirnya yang disiplin selamat, sedangkan yang tidak disiplin celaka.
  5. Berani menolak kemungkaran
    Ini sebagaimana sikap Nabi Yusuf Muda yang menolak ajakan istri pejabat. Meskipun berakibat Nabi Yusuf dipenjara, tapi ajakan tersebut adalah salah dan mungkar sehingga harus ditolak.
  6. Berani melawan kedzaliman
    Ini sebagaimana sikap Nabi Ibrahim yang berani melawan Raja Namrud. Meskipun berakibat Nabi Ibrahim dibakar, namun keberanian beliau menggetarkan langit sehingga Tuhan pun turun tangan menyelamatkan beliau

Selamat hari sumpah pemuda..

Ngrukem, 28 Oktober 2022

Tinggalkan komentar