Keutuhan Rumah Tangga

Al-Quran menyebutkan:

…. وَأَنْ تَعْفُوا أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى وَلَا تَنْسَوُا الْفَضْلَ بَيْنَكُمْ … (البقرة: 237)

…Jika kalian memaafkan, maka itu lebih dekat pada ketaqwaan; dan janganlah kalian melupakan keutamaan di antara kalian…

Hadis menjelaskannya. Pesan Rasulullah Saw kepada lelaki:

« لاَ يَفْرَكْ مُؤْمِنٌ مُؤْمِنَةً إِنْ كَرِهَ مِنْهَا خُلُقًا رَضِىَ مِنْهَا آخَرَ » رواه مسلم

Janganlah seorang (suami) mukmin membenci (istrinya) mukminah; jika suami tidak suka satu sikap istri, maka pasti ia menyukai sikap-sikapnya yang lain.  

Rasa bosan, kecewa, benci pasti ada dalam rumah tangga; dan ketika itu muncul, ingat bahwa cinta, sayang dan kebaikan sebelumnya lebih besar.

Nasehat Rasulullah Saw untuk perempuan:

« أُرِيتُ النَّارَ فَإِذَا أَكْثَرُ أَهْلِهَا النِّسَاءُ يَكْفُرْنَ » . قِيلَ أَيَكْفُرْنَ بِاللَّهِ قَالَ « يَكْفُرْنَ الْعَشِيرَ ، وَيَكْفُرْنَ الإِحْسَانَ ، لَوْ أَحْسَنْتَ إِلَى إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ ثُمَّ رَأَتْ مِنْكَ شَيْئًا قَالَتْ مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ » رواه البخارى

Sabda Rasulullah: Aku diperlihatkan neraka, ternyata kabanyakan penghuninya adalah kaum wanita; mereka kufur (ingkar). Beliau ditanya: “Apa mereka ingkar pada Allah”? Beliau menjawab: “Mereka ingkar pada suami dan ingkar pada kebaikan; ketika kamu berbuat baik pada wanita meski dalam waktu yang sangat lama, lalu ia melihat suatu keburukan pada dirimu, ia berkata: “Aku tak pernah melihat kebaikan darimu sama sekali”.

Manusia, baik laki-laki maupun perempuan memiliki tabiat yang sama; jika membenci seseorang maka terlupakan semua kebaikan yang pernah diberikan oleh orang tersebut. Bersihkan pikiran, kendalikan emosi diri; buang kebencian, ingat kita saling mengasihi.  

Tinggalkan komentar