Ringkasan Keluarga Rasulullah Saw

Berikut ringkasan Ahlul bait Nabi Saw yang saya sajikan dalam dua gambar.

Gambar ringkasan di atas menunjukkan banyak hal:

  1. Nabi Saw tidak poligami selama hidup dengan Khadijah yaitu sekitar 25 tahun. Nabi baru berpoligami sepeninggal Khadijah yaitu hanya sekitar 13 tahun.
  2. Putra putri Nabi hanya dari dua Istri yaitu Khadijah dan Mariyah. Dengan Khadijah memiliki 6 anak dan dengan Mariyah memiliki satu anak.
  3. Semua putra Nabi Saw meninggal di waktu kecil. Adapun putri, tiga anak yang memiliki keturunan selanjutnya, yaitu Zainab, Ruqayyah dan Fatimah.
  4. Keturunan Nabi selanjutnya hanya dari jalur Zainab dan Fatimah. Kebanyakan adalah dari jalur Fatimah.
  5. Keterangan di atas juga menunjukkan kekuatan Nabi Saw sebagai seorang laki-laki di mana beliau menikah dengan Mariyah di usia mendekati 60 an tahun dan dapat memiliki putra.

Selanjutnya adalah ringkasan latar belakang istri Nabi:

Gambar di atas menunjukkan betapa kuatnya Nabi sebagai kepala rumah tangga. Beliau mengumpulkan istri-istri dari berbagai latar belakang yang tentunya dengan kebiasaan yang berbeda-beda. Tapi semua dapat berjalan baik, harmonis tanpa hambatan yang berarti. Konflik pasti ada utamanya adalah kecemburuan istri ke istri yang lain. Tapi dengan kesabaran dan keuletan Nabi Saw, semua istri dapat didamaikan dan terselesaikan.

Allahumma Salli ala Sayyidina wa habibina Muhammad wa aali sayyidina Muhammad wa sallim tasliman kasiiran.. aamiin..

Tinggalkan komentar